Rabu, 30 November 2011

KOMUNITAS AKAR LAMPUNG


Buku
 


AKAR
 

KAS
 

Pustaka Puitika
 

KAS
 

Penjualan
 

Penjualan
 
Sistematika Keorganisasian Forum Komunitas (AKAR)


Sistematika Kegiatan dan Penerbitan Karya Anggota AKAR


 


Catatan:

-    Naskah setidaknya harus mencantumkan Komunitas AKAR pada biodata penulis saat dikirimkan ke media massa.
-    Biasanya naskah / artikel yang dimuat (publikasikan) di media massa akan mendapat honor. Bagi Anggota yang karyanya dimuat dan mendapat honorium, maka TIDAK ADA KEHARUSAN honor masuk dalam KAS. Honorium adalah mutlak milik Anggota, boleh dimasukkan dalam KAS atau ingin dipergunakan sendiri.
-    Naskah/Artikel harap diarsipkan untuk diterbitkan pada Penerbit Pustaka Puitika dan diposting pada akun FB Komunitas AKAR.
-    Naskah yang tidak berhasil dipublikasikan masih bisa diterbitkan selama karya tersebut sudah benar-benar matang dan sudah didiskusikan terlebih dulu dalam forum Komunitas AKAR, termasuk masalah editing didalamnya. Dalam hal ini yang lebih diprioritaskan untuk diterbitkan adalah karya yang sudah dimuat pada media massa (Koran, Majalah).
-    Bagi Anggota yang ingin ROYALTY dari hasil penjualan karya-karyanya, maka HONOR diambilkan dari KAS hasil penjualan tiap buku Anggota yang bersangkutan tersebut setelah terjual, karena hasil penjualan karya dari Penerbit atau komunitas AKAR dimasukkan/ diserahkan pada KAS Rayon masing-masing.
-    Bagi Anggota yang ingin menerbitkan karyanya secara solo (independet/personal) maka harus membiayai seluruh proses cetak dari dana pribadi. Adapun dana yang ada dalam KAS adalah untuk kepentingan bersama Anggota AKAR sekali pun di dalamnya ada hak atas karya Anggota yang ingin menerbitkan secara personal tersebut. Jika Anggota yang bersangkutan ingin mengambil haknya dari KAS, maka harus melalui kesepakatan bersama Anggota di Rayon masing-masing.
-    Dana KAS per Anggota Rp. 10.000,-/ pertemuan atau disesuaikan dengan hasil kesepakatan seluruh anggota komunitas di masing-masing rayon.


Kami menjalin kerjasama dalam hal penerbitan buku bagi siapa saja yang memiliki karya untuk diterbitkan.
  • Syarat:
  1. Sumber dana diupayakan oleh pihak Penulis.
  2. Distribusi dikembalikan pada Penulis dan atau dibantu distribusi pihak Pustaka Puitika.
  • Ketentuan Naskah:
  1. Tema Bebas, selama tidak mengandung unsur SARA / pelanggaran lainnya.
  2. Line Spasi 1.5
  3. Ukuran kertas A4
  4. Font: Time New Roman, atau Garamond.
Sebelum naskah dikirimkan usahakan mengedit secara keseluruhan baik dari ejaan, isi, dll. Karena naskah yang sudah masuk langsung kami proses, kecuali jika mengantre. Hal ini kami maksudkan demi menjaga orisinilitas karya. Jika kami turut mengedit secara isi, tentunya karya tersebut bukan lagi murni dari penulis melainkan second hand dari pihak Penerbit. Editing hanya kami lakukan pada desain layout saja. Mengedit atau mengemas agar menarik memang dibutuhkan sebagai bentuk profesionalitas, tapi kami ingin menjaga karya tersebut benar-benar murni, tanpa mengurangi usaha kami menjaga mutu dan kualitas.

Setelah semua syarat dan ketentuan terpenuhi, Penerbit dan Penulis menyepakati kontrak kerjasama (MoU) dan naskah akan segera diproses cetak. Untuk tindak selanjutnya bisa diperjelas di dalam MoU yang sudah disepakati bersama. Dan ISBN kita yang mengurus tanpa ada beban biaya pengurusan.

Adapun dalam hal pendanaan, kita tidak meminta secara cash, melainkan menyesuaikan dengan kebutuhan proses cetak ketika itu. Misalnya, pada hari ini memasuki tahap pendanaan untuk membeli kertas, maka kita meminta nominal uangnya sejumlah yang dibutuhkan saat itu, begitu seterusnya sampai proses cetak selesai. Untuk kertas kita menggunakan HVS 70 grm (atau menyesuaikan dengan keinginan pihak Penulis). Dan untuk kertas cover kami menggunakan Ivory 310 atau menyesuaikan keinginan pihak Penulis: apakah ingin soft cover atau hard cover, ingin di-UV Spot (Aksara Timbul), atau yang lainnya (tentunya besarnya biaya yang dibutuhkan menyesuaikan dengan bahan dasar serta kebutuhannya). Buku yang diterima pihak penulis sudah dalam kondisi Shring (dibungkus plastik) dan siap diedarkan pada konsumen atau pembaca. Untuk besarnya anggaran dana yang dibutuhkan, kita tidak berani berspekulasi (tidak menentukan besarnya dana di awal) hal ini kami maksudkan untuk mengantisipasi adanya perubahan harga-harga terutama bahan dasar di luar perkiraan sebelumnya, tentunya hal ini adalah bagian dari transparansi serta untuk menghindari adanya kerugian dari pihak manapun terutama pihak penulis sebagai pemilik dana anggaran cetak.

Sebelum naskah siap cetak, maka kami akan mengirimkan hasil layout atau pun hasil desain cover untuk mendapat persetujuan dari pihak penulis. Untuk mengkonsultasikan hasil layout bisa dilakukan via YM (pustaka_puitika). Setelah penulis menyepakati hasilnya barulah kami mulai proses cetak. Kekeliruan dalam hal isi setelah ada kesepakatan dari pihak Penulis yang sudah melewati proses editing layout sudah bukan tangungjawab kami sebagai pencetak buku. Sebab kami belum akan mengerjakan naskah atau memulai cetak bila dari pihak Penulis belum menyatakan, secara tertulis atau secara konfirmasi telephon pada kami, atas kesediaannya dalam hal kerjasama ini sekali pun naskah sudah masuk pada e-mail redaksi kami. Jika sudah sepakat, barulah kita akan memproses layout-nya, dan mengirimkan prof layout pada pihak penulis setelah selesai dikerjakan untuk persetujuan. Untuk hasil cetakan kita menggunakan mesin cetak (standar mesin cetak penerbitan sekala umum), bukan print outdoor.

Setelah semua proses cetak selesai dilakukan, maka kita akan mengirimkan fotocopy bukti/ kwitansi atas alokasi dana cetak sebagai bentuk transparansi bersama. Buku siap diterima dalam bentuk cetakan, bukan dalam bentuk ebook, dan kita TIDAK mencetak buku ketika ada pesanan {Print On Demand (POD)}, melainkan minimal (500 eksemplar) dan atau menyesuaikan dengan apa yang tertera dalam MoU.

Untuk ukuran buku adalah:

14 x 21 cm
14 x 20 cm
12 x 19 cm
12 x 17 cm

Jika pihak penulis menginginkan ukuran selain ukuran yang kami terapkan di atas, maka tidak menutup kemungkinan kami menyesuaikannya.

Kami tidak memberi target tertentu dalam hal distribusi atau ketika ingin memasukkan karya yang sudah terbit ke toko buku, sebab semuanya adalah hak penulis sebagai pemilik karya dan pemilik modal.  Kalau pun kami memasukkan ke toko adalah melalui persetujuan dari pihak penulis, karena kami bekerja dan berusaha menjalin kerjasama atas kesepakatan bersama. Kami akan mengirimkan faktur hasil penjualan setelah menerima laporan hasil penjualan dari pihak toko atau agen yang telah mendistribusikan buku-buku tersebut selama kurang lebih 2-6 bulan setelah buku diedarkan oleh pihak agen atau toko buku. Dan kita tidak meminta persenan (%) sepeser pun dari hasil penjualan buku yang telah selesai dicetak, terkecuali pada jasa Layout dan atau desain cover, (jika keduanya sudah dikerjakan oleh pihak Penulis, maka kita hanya berkewajiban mencetak dan bertanggungjawab atas MoU yang telah disepakati). Untuk jasa layout dan desain cover berlaku sekali seumur hidup untuk 1 (satu) judul buku. Kalau pun nantinya buku cetak ulang, kami sudah tidak meminta biaya layout dan atau desain cover. Penulis cukup menyediakan biaya cetak dan alokasi dana yang dibutuhkan.

Info lebih lanjut bisa menghubungi kami di:
Telp: (0274) 8259719

Untuk pengiriman naskah bisa lewat e-mail kami:

KOMUNITAS SASTRA DAN MENULIS
PENERBIT PUSTAKA PUITIA



Ada pun Penerbit yang memberikan kesempatan bagi pelajar diseluruh Indonesia untuk dapat mempublikasikan karyanya adalah penerbit Pustaka Puitika Yogyakarta, dengan membuka komunitas diseluruh daerah-daerah termasuk wilayah lampung kepada seluruh pelajar dan umum yang mau dan ikut berpartisipasi dalam keanggotaan kedua penerbit tersebut yang bersifat umum. Adapun penerbit tersebut adalah sebagai berikut :


1.      Penerbit Pustaka Puitika Yogyakarta

Penerbit Pustaka Puitika dengan ini membentuk komunitas sastra dibagian wilayah Lampung dengan nama komunitas AKAR (Anam Khoirul Anam Reader) penerbit ini memiliki sistematika dan prosedur yang telah ditetapkan dibagian terlampir.


Tidak ada komentar: